Tumpahan Minyak Kapal Exxon Valdez, Salah Satu Tragedi Kecelakaan Termahal

Hari Ini dalam Sejarah, 24 Maret 1989, Tanker 11 Juta Galon Minyak 'Exxon'  Tumpah di Laut Alaska AS - TribunnewsWiki.com

Tumpahan minyak kapal Exxon Valdez terjadi pada tanggal 24 Maret 1989 di Teluk Prince William, Alaska, Amerika Serikat. Kapal tanker minyak Exxon Valdez yang dioperasikan oleh Exxon Shipping Company menabrak terumbu karang Bligh Reef saat sedang melintasi perairan Teluk Prince William. Tabrakan tersebut menyebabkan kerusakan pada lambung kapal dan mengakibatkan tumpahan minyak yang luas.

Perkiraan jumlah minyak yang tumpah dari kapal ini bervariasi, namun diperkirakan sekitar 11 juta barel atau sekitar 41 juta galon minyak bumi. Tumpahan minyak ini menyebabkan kerusakan lingkungan yang signifikan. Ribuan kilometer pantai dan habitat alam liar terkena dampak tumpahan minyak, termasuk burung laut, mamalia laut, ikan, dan lingkungan pesisir.

Kejadian ini menjadi salah satu tumpahan minyak terbesar dalam sejarah Amerika Serikat dan menimbulkan kekhawatiran yang mendalam tentang dampak ekologis dan kerentanan lingkungan terhadap industri minyak. Setelah kejadian ini, langkah-langkah pengawasan dan peraturan yang lebih ketat diterapkan untuk meminimalkan risiko tumpahan minyak di perairan Amerika Serikat.

Tinggalkan komentar