Singgung Firli Bahuri: Dia Mau Cari Cara Supaya Nggak Terlihat Gusar

Singgung Firli Bahuri: Dia Mau Cari Cara Supaya Nggak Terlihat Gusar

Brigjen Endar Kembali ke KPK, Rocky Gerung Singgung Firli Bahuri: Dia Mau Cari Cara Supaya Nggak Terlihat Gusar

Pengamat Politik Rocky Gerung, mengomentari perihal kembalinya Brigjen Pol Endar Priantoro sebagai Direktur Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Seperti diketahui, Brigjen Endar mengikuti Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIV Tahun Ajaran 2023 di Lemhanas RI usai diberhentikan dengan hormat dan dikembalikan ke Polri oleh Ketua KPK Firli Bahuri per 11 April 2023.

“Selain perubahan SK oleh Sekjen, pimpinan KPK juga telah menerbitkan surat tugas mengikuti pendidikan di Lemhanas,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis pada Rabu (5/7/2023).

Untuk saat ini, Brigjen Endar juga masih dibebastugaskan dari tugas hariannya. “Sama dengan pegawai KPK lainnya yang sedang pendidikan di Lemhanas, maka sementara dibebaskan dulu dari tugas sehari-harinya,” ujar Ali Fikri.

Menanggapi hal tersebut, Rocky menilai pembebastugasan Brigjen Endar merupakan cara Firli agar tidak terlihat gusar menghadapi Brigjen Endar.

“Saya bayangin Pak Firli itu dia mau cari cara bagaimana supaya nggak terlihat bahwa dia gusar atau dia kesusahan yaudah suruh aja Endar pergi belajar ke Lemhanas,” ujar Rocky, dikutip Suara Liberte dari kanal YouTube pribadi pada Kamis (6/7/2023).

Oleh karena itu, kendati Brigjen Endar telah kembali ke KPK, tidak akan terlihat harmoni di dalam internal KPK kecuali Firli mengakui kesalahannya dan mau bersama-sama memperbaiki hal itu.

“Sebetulnya harmoninya nggak akan terjadi terus kecuali Pak Firli mengatakan oke memang ada kesalahan mari kita bentuk sama-sama lagi harmoni itu. Itu baru orang percaya bahwa nggak ada semacam sinisme lagi di KPK,” jelas Rocky.

Ahli ilmu filsafat ini kemudian menyebut pola komunikasi Firli di hari kembalinya Brigjen Endar menunjukkan ketidaksukaan.

“Jadi walaupun Endar, sebetulnya kan diasingkan lagi dari KPK. Tetapi publik akan cari Endar. Itu susahnya tuh. Jadi pola komunikasi Pak Firli juga hari pertama itu udah memperlihatkan semacam ketidaksukaan,” ujar Rocky.

Tinggalkan komentar