Sejarah Isra Mi’raj

Sejarah Isra Mi’raj Kisah Lengkap Isra Miraj, Perjalanan Rasulullah ke Langit Ketujuh dan Perintah Salat 5 Waktu

Isra Mi’raj adalah peristiwa penting dalam tradisi Islam yang menggambarkan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Yerusalem (Isra) dan kemudian ke langit-langit (Mi’raj). Sejarah Isra Mi’raj berdasarkan catatan dalam hadis dan literatur Islam. Berikut adalah rangkuman dari peristiwa tersebut:

  1. Isra: Peristiwa Isra terjadi pada tahun 621 M, ketika Nabi Muhammad SAW masih tinggal di Mekah. Menurut tradisi, Nabi Muhammad SAW dibawa oleh Malaikat Jibril dari Masjidil Haram di Mekah ke Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dalam semalam. Selama perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW melewati berbagai tempat penting seperti Tanah Suci dan bertemu dengan para nabi sebelumnya seperti Musa dan Isa.
  2. Shalat di Masjid Al-Aqsa: Setelah mencapai Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, Nabi Muhammad SAW memimpin shalat bersama para nabi lainnya. Ini merupakan momen penting yang menunjukkan kedudukan Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir dalam tradisi Islam.
  3. Mi’raj: Setelah Isra, Nabi Muhammad SAW naik ke langit-langit dalam peristiwa yang dikenal sebagai Mi’raj. Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW melewati tujuh langit dan bertemu dengan berbagai makhluk surgawi, termasuk para nabi, malaikat, dan Allah SWT.
  4. Dialog dengan Allah: Pada puncak perjalanan Mi’raj, Nabi Muhammad SAW berdialog langsung dengan Allah SWT. Di sinilah Nabi Muhammad SAW menerima perintah untuk mengerjakan lima kali shalat sehari (salat wajib) yang menjadi salah satu rukun Islam.
  5. Kembali ke Mekah: Setelah perjalanan spiritualnya selesai, Nabi Muhammad SAW kembali ke Mekah. Peristiwa Isra Mi’raj ini menjadi salah satu momen penting dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW dan umat Islam secara keseluruhan.

Isra Mi’raj memiliki makna spiritual yang mendalam bagi umat Islam. Perjalanan ini dianggap sebagai bukti keberkahan dan keistimewaan Nabi Muhammad SAW serta pengukuhan nilai-nilai agama Islam. Peristiwa ini juga menjadi dasar dari pentingnya ibadah salat dalam agama Islam. Isra Mi’raj dirayakan oleh umat Islam sebagai hari peringatan yang disebut sebagai “Hari Isra Mi’raj” dalam kalender Islam.

Tinggalkan komentar