Momen Pimpinan DPR Dasco Bertemu Jemaah Haji Perempuan Tidur di Samping Toilet

Momen Pimpinan DPR Dasco Bertemu Jemaah Haji Perempuan Tidur di Samping Toilet

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meninjau pemondokan jemaah haji Indonesia di sejumlah Maktab yang ada di Mina.

Pimpinan DPR Dasco dan rombongan Timwas Haji mengunjungi pemondokan jemaah haji Indonesia di Mina. Selain soal toilet, masalah lain yang terus diadukan jemaah adalah soal sesaknya tenda.
Dasco mengunjungi pemondokan jemaah haji Indonesia di Mina pada Kamis (29/6/2023) mulai pukul 09.00 waktu Arab Saudi hingga tengah hari. Anggota Timwas Haji DPR yang ikut bersama Dasco, yaitu Abdul Wachid, M Husni, Maman Imanulhaq, dan Rano Al Fath.

Keluhan soal tenda konsisten muncul dari jemaah-jemaah haji ke mana pun Dasco dan rombongan Timwas berkunjung. Mereka mengatakan beberapa orang terpaksa tidur di jalan karena tak kebagian tempat di dalam tenda.

“Ini di sepanjang jalan ini kalau malam dipakai tidur, Pak. Bapak coba datang lagi malam hari, ini penuh orang tidur di sini, Pak,” kata salah seorang jemaah asal Aceh kepada Dasco.

Pemandangan serupa memang terlihat baik di Maktab 48 ataupun 42 yang dikunjungi para Wakil Rakyat. Kasur-kasur digelar di selasar antar tenda, sebagian jemaah tampak tidur-tiduran di kasur itu meskipun di siang hari.

Pimpinan DPR Dasco dan rombongan Timwas Haji mengunjungi pemondokan jemaah haji Indonesia di Mina.

Pemandangan yang terbilang paling miris ada di Maktab 42. Sejumlah jemaah perempuan asal Jawa Timur tampak tertidur di kasur-kasur yang digelar di samping toilet perempuan.

Kepada Dasco, mereka mengaku sudah tidur di toilet itu sejak semalam. Mereka mengaku tidak mendapat tempat di dalam tenda. Dasco merespons dengan mengatakan akan meneruskan masalah tersebut ke panitia haji agar segera ditangani.

“Kami segera sampaikan ke panitia haji agar ada penanganan cepat,” ujar Dasco.

Jemaah laki-laki juga bercerita soal sesaknya tenda kepada Dasco dan rombongan Timwas. Mereka mengatakan satu kasur kecil berukuran lebar 80 cm dipakai oleh 3-4 orang. Para jemaah ini tidur berjejalan saling menempel.

“Itu kasur kurang banget, Pak,” ujar salah seorang jemaah asal Aceh. Dia juga bercerita setiap malam sulit tidur karena membayangkan ada jemaah perempuan yang tidur di samping toilet.

Abdul Wachid, M Husni, Maman dan Rano turut membuka tenda bertanya kepada jemaah-jemaah yang ada di dalam tenda. Momen haru sempat terekam di dalam tenda saat ada pengumuman bahwa istri salah seorang jemaah meninggal di kampung halaman.

Tinggalkan komentar