Mengenal Asal-usul Blue Beetle, Si Kumbang Biru

Mengenal Asal-usul Blue Beetle, Si Kumbang Biru

Blue Beetle merupakan film superhero terbaru DC Extended Universe yang tampil mengenakan kostum kumbang biru.

Blue Beetle merupakan film terbaru dari DC Extended Universe (DCEU). Film tersebut berpusat pada kisah karakter utama bernama Jaime Reyes yang diadaptasi dari DC Comics.
Film ini diproduksi oleh DC Studios dan The Safran Company, sehingga Blue Beetle menjadi karakter DC Universe (DCU) pertama di bawah naungan James Gunn dan Peter Safran.

Dalam kisah layar lebarnya kali ini, Blue Beetle diperkenalkan sebagai superhero Latin pertama dalam sejarah DCEU.

Namun, kemunculan Blue Beetle sudah lama terjadi jauh sebelum kostum kumbang biru dipakai oleh Jaime.

Karakter Blue Beetle pertama kali muncul dalam komik Mystery Men Comics #1 karangan Charles Nicholas Wojtkowski pada 1939. Komik itu diterbitkan oleh Fox Comics.

Versi awal karakter ini memakai alias bernama Dan Garret, seorang polisi yang mengenakan kostum anti peluru dan mengonsumsi obat penguat Vitamin 2X. Karakter ini cukup populer sehingga kemudian diadaptasi menjadi serial radio.

Setelah Fox Comics bangkrut pada tahun 1950-an, hak Blue Beetle beralih ke Charlton Comics. Charlton memperkenalkan versi yang berbeda dari Dan Garret. Pada 1964, nama Dan Garet menambahkan satu huruf T di nama belakangnya.

Karakter yang kini bernama Dan Garrett berubah menjadi seorang arkeolog. Suatu hari ia menemukan sebuah Scarab mistis sehingga memberinya kemampuan super manusia.

Charlton melakukan perubahan terhadap Blue Beetle lagi pada 1966, lewat pergeseran karakter utama dari Dan Garrett menjadi Ted Kord.

Kord merupakan murid dari Garrett sekaligus seorang penemu brilian yang mengambil alih gelar tersebut setelah kematian Garrett. Dia bergantung pada alat-alat canggihnya daripada menggunakan Scarab untuk melawan kejahatan.

Charlton Comics bangkrut hingga pada 1983, hak Blue Beetle dan karakter lain, seperti Captain Atom dan The Question diakuisisi oleh DC. Karakter-karakter ini kemudian diintegrasikan ke dalam semesta DC setelah peristiwa Crisis on Infinite Earths pada 1985.

Versi Ted Kord dari Blue Beetle bergabung dengan Justice League sehingga membuka jalan untuk bermitra dengan Booster Gold hingga karakternya mati pada 2005.

Meskipun karakter Blue Beetle telah ada sejak tahun 1939, Jaime Reyes baru muncul pada 2006. Dia diperkenalkan dalam komik Infinite Crisis #6 tahun 2006 setelah kematian Ted Kord.
Jaime menjadi Blue Beetle setelah tersandung insiden ketika membawa pulang Scarab. Ia juga tidak berusaha menyembunyikan identitas rahasianya dari orang tuanya.

Blue Beetle merupakan film superhero terbaru DC Extended Universe yang tampil mengenakan kostum kumbang biru.

Sebagai Blue Beetle, Jaime Reyes termasuk salah satu pahlawan remaja terkuat dari DC dengan kostum supernya.

Menggunakan Scarab, Jaime dapat mengenakan kostum yang secara signifikan meningkatkan kekuatan dan daya tahannya.

Pakaian ini juga dapat menyediakan berbagai senjata sesuai dengan kehendak inangnya. Favorit Jaime adalah meriam energi, pedang, dan perisai.

Kostum ini bisa menghasilkan sayap energi yang memberikan Jaime kemampuan terbang dan perlindungan tambahan. Selain itu, kostumnya juga dapat memanipulasi energi dan getaran untuk membuat benda-benda tak terlihat menjadi terlihat.

Namun, Jaime adalah seorang pemula yang membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan seluruh kekuatan tersebut.

Dalam kondisi darurat, Jaime bahkan dapat mengaktifkan “mode infiltrator”, sebuah kondisi saat Scarab mengambil alih pakaian dan membunuh seluruh ancaman yang ada di hadapannya.

Blue Beetle kini sedang di layar lebar dan menjadi film pahlawan super pertama dari DCEU yang menggunakan kebudayaan Latin sebagai latarnya.

 

Film Blue Beetle (2023). (Warner Bros. Pictures)

Tinggalkan komentar