Kebakaran Bukit Teletubbies Bromo Akibat Flare Prewedding

Kebakaran Bukit Teletubbies Bromo Akibat Flare Prewedding

Tangkapan layar sesi foto prewedding dengan latar Blok Savana Bromo yang terbakar. (Foto: Instagram @Malangraya_info)

Kebakaran di Blok Savana Lembah Watangan atau Bukit Teletubbies, kawasan Savana Kaldera Tengger Kawasan Wisata Gunung Bromo, ternyata disebabkan oleh adanya pengunjung yang menyalakan flare.

Flare yang dinyalakan oleh pengunjung tersebut kemudian memicu kebakaran di Bukit Teletubbies Wisata Alam Gunung Bromo. Flare tersebut diduga sebagai salah satu properti kebutuhan dokumentasi preweeding.

Peristiwa ini kemudian viral di media sosial Instagram. Video berdurasi 49 detik yang diunggah oleh akun @malangraya_info memperlihatkan rekaman gambar lima orang tengah mengerjakan sesi foto dengan latar blok Savana yang terbakar.

Kebakaran yang melanda Bukit Teletubbies kawasan wisata alam Gunung Bromo. (Foto: Instagram @Malangraya_info)

Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Septi Eka Wardhani mengkonfirmasi, penyebab kebakaran tersebut karena pengunjung yang menyalakan flare di sekitar kawasan taman nasional.

“Betul (karena flare). Ini pengumuman yang harus dilakukan oleh kami. Hasil evaluasi, imbauan kami melalui media sosial maupun siaran pers diabaikan oleh masyarakat,” ujarnya, Kamis 7 September 2023.

BB TNBTS sebagai pengelola kawasan taman nasional sudah mengeluarkan imbauan agar para pengunjung, pelaku jasa wisata hingga masyarakat sekitar tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran.

“Untuk bersama-sama menjaga kawasan TNBTS dari kebakaran hutan dengan tidak menyalakan api dan sejenisnya antara lain petasan, kembang api dan flare demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan bersama,” terangnya.

BB TNBTS saat ini kata Septi, berfokus untuk melakukan pemadaman dan pemantauan terhadap titik api yang membakar kawasan Bukit Teletubbies. Sementara, untuk kasus hukum ditangani oleh kepolisian setempat.

“Terduga pelaku saat ini sudah diamankan di Polsek Sukapura, Probolinggo,” tandasnya.

Tinggalkan komentar