Hari UlTah ASEAN 2023: Sejarah dan Acara Peringatannya

Hari UlTah ASEAN 2023: Sejarah dan Acara Peringatannya

Logo KTT ASEAN Summit 2023 di Bundaran HI

Hari Ulang Tahun ASEAN 2023 akan diperingati pada tanggal 8 Agustus. Tahun ini merupakan peringatan HUT ke-56 ASEAN sejak berdirinya organisasi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara ini pada tahun 1967 silam.
Menariknya peringatan HUT ke-56 ASEAN kali ini bertepatan dengan terpilihnya Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari Ulang Tahun ASEAN 2023, simak sejarahnya berikut ini:

Sejarah Berdirinya ASEAN
Menurut situs resmi ASEAN, Hari Ulang Tahun ASEAN tanggal 8 Agustus bertepatan dengan deklarasi ASEAN pada 8 Agustus 1967. Ketika lima pemimpin negara dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand duduk bersama di aula utama gedung Departemen Luar Negeri di Bangkok, Thailand.

Mereka menandatangani dokumen deklarasi ASEAN yang berisikan lahirnya Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Lima Menteri Luar Negeri (Menlu) yang menandatangani deklarasi ASEAN tersebut antara lain:

Adam Malik (Indonesia)
Narciso R. Ramos (Filipina)
Tun Abdul Razak (Malaysia)
S. Rajaratnam (Singapura)
Thanat Khoman (Thailand).
Kelima tokoh itu selanjutnya disebut sebagai Bapak Pendiri atau lima negara itu menjadi organisasi yang menjembatani antar pemerintah di negara berkembang saat ini. Deklarasi itu berisikan 5 artikel yang mendeklarasikan pembentukan Asosiasi untuk Kerjasama Regional di antara negara Asia Tenggara kemudian dikenal sebagai Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Berikut daftar 10 negara anggota ASEAN:

Brunei Darussalam
Indonesia
Kamboja
Laos
Malaysia
Myanmar
Filipina
Singapura
Thailand
Vietnam.
Tujuan didirikannya organisasi ASEAN adalah untuk kerjasama di bidang ekonomi, sosial, budaya, teknis, pendidikan dan bidang lainnya, dan dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional melalui penghormatan terhadap keadilan dan supremasi hukum dan kepatuhan pada prinsip-prinsip Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Ditetapkan bahwa ASEAN akan terbuka untuk partisipasi semua Negara di kawasan Asia Tenggara yang tunduk pada maksud, prinsip, dan tujuannya. Deklarasi tersebut menyatakan ASEAN sebagai representasi “kehendak kolektif negara-negara Asia Tenggara untuk mengikat diri mereka bersama dalam persahabatan dan kerja sama dan, melalui upaya dan pengorbanan bersama, mengamankan bagi rakyat mereka dan untuk keturunan berkat perdamaian, kebebasan dan kemakmuran.

Hari Ulang Tahun ASEAN 2023
Seperti dilansir situs resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), peringatan Hari Ulang Tahun ASEAN 2023 ini bertepatan dengan terpilihnya Indonesia sebagai Ketua ASEAN 2023. Mengangkat tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth”, Keketuaan Indonesia di ASEAN resmi dimulai sejak 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023.

Untuk diketahui, tahun 2023 adalah kali kelima Indonesia memegang Keketuaan ASEAN. Sebelumnya, Indonesia pernah menjabat sebagai Ketua ASEAN pada 1976, 1996, 2003, dan 2011.

Rangkaian Acara ASEAN Summit 2023
Memegang Keketuaan ASEAN, Indonesia turut berkesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan ASEAN Summit 2023, atau Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023. Tahun ini, ASEAN Summit 2023 berlangsung sebanyak dua kali.

ASEAN Summit atau KTT ke-42 ASEAN telah sukses diselenggarakan di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023 kemarin. Sementara itu, KTT ke-43 ASEAN akan dilaksanakan di Jakarta pada 5-7 September 2023 mendatang.

KTT ke-43 ASEAN di Jakarta tidak hanya dihadiri oleh pemimpin negara organisasi saja. Tapi, juga akan dihadiri negara mitra wicara, seperti ASEAN +3 yang terdiri dari negara Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Selain itu, KTT ke-43 ASEAN juga akan dihadiri oleh ASEAN Plus CER (Closer Economic Relations) yang terdiri dari Australia dan Selandia Baru.

Tinggalkan komentar