Gempa 5,5 Guncang Banda Aceh

Gempa 5,5 Guncang Banda Aceh

Pusat gempa di Banda Aceh.

Gempa bermagnitudo (M) 5,5 mengguncang wilayah Kota Banda Aceh. Lindu berpusat di laut itu terasa hingga ke wilayah Pidie Jaya.

Kepala Stasiun Geofisika Aceh Besar Andi Azhar Rusdin, mengatakan, gempa di berpusat di 5,47° LU, 94,62° BT itu terjadi pada jarak sekitar 78 kilometer Barat Daya Banda Aceh, Aceh Besar. Lokasinya berada pada kedalaman 66 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik,” kata Andi kepada detikSumut, Minggu (9/7/2023).

Menurutnya, gempa itu dirasakan di Kota Banda Aceh dengan skala intensitas III-IV MMI. Sementara di Aceh Besar terasa dengan skala III MMI serta Sabang, Pidie dan Pidie Jaya dengan skala II-III MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya.
Menurut Andi, hingga pukul 21.30 WIB tidak tercatat adanya gempa susulan. Dia mengimbau masyarakat tidak terpengaruh dengan isu-isu hoaks terkait gempa.

“Kita imbau masyarakat menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” ujar Andi.

Tinggalkan komentar