Film Bumi Manusia: Kisah Romansa Minke dan Annelies yang Berliku

Film Bumi Manusia: Kisah Romansa Minke dan Annelies yang Berliku

Poster film Bumi dan Manusia.

Film Bumi Manusia dijadwalkan tayang di Bioskop Trans TV hari ini, Kamis 17 Agustus 2023 pukul 21.00 WIB. Film ini dirilis pada tahun 2019 berdasarkan dari novel berjudul sama karya Pramoedya Ananta Toer.
Bumi Manusia disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi banyak artis ternama antara lain Iqbaal Ramadhan, Mawar de Jongh, dan Sha Ine Febriyanti.

Sinopsis Film Bumi Manusia

Minke adalah R.M Tirto Adhi Soerjo, tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia, dikenal juga sebagai perintis persuratkabaran dan kewartawanan nasional Indonesia.

Suatu hari di Surabaya, Minke diajak Robert Suurhof mampir ke rumah keluarga Mellema, Boerderij Buitenzorg di Wonokromo.

Kedatangan Minke disambut penuh kecurigaan oleh Robert Mellema, padahal ia menyambut Suurhof dengan penuh keakraban. Sementara adiknya Annelies Mellema serta ibunya Ontosoroh menerima Minke dengan gembira.

Lama kelamaan Minke mulai menjalin hubungan mesra dengan Annelies dan Ontosoroh, walau Annelies sempat merasa belum terbiasa dengan Minke.

Suatu saat, Annelies menceritakan kehidupan ibunya, Sanikem, yang kemudian mengganti namanya menjadi Ontosoroh. Minke terilhami dan menulis artikel di koran Surabaya dengan nama samaran Max Tollenaar. Tapi malam harinya, Minke tiba-tiba ditangkap polisi karena tulisannya tempo hari yang lalu.

Minke akhirnya kembali ke rumah dan disambut dengan kemarahan ayahnya karena berhubungan dengan Annelies; hubungan itu dinilai ayahnya meninggalkan budaya dan tradisi Jawa.

Di lain sisi, Magda yang merupakan guru Minke menyatakan keingintahuannya akan Max Tollenaar, yang kemudian dibocorkan Suurhof, tetapi Magda justru memuji kepiawaian Minke dalam menulis.

Suurhof yang merasa tidak terima dengan pujian Magda, langsung menghina Minke dan kemudian Panji Darman, yang dibalas dengan pukulan Panji.

Kepulangannya ke Wonokromo juga menambah perkara yang sudah lama mengganggu hatinya, yakni adanya jurang pemisah antara kaum yang “terperintah” (bumiputra) dan “memerintah” (Eropa), serta hubungannya dengan Annelies.

Tiba-tiba, Annelies yang berkeliling pertanian pingsan, sehingga Annelies dirawat Martinet. Minke tidur sekamar dan bersetubuh dengan Annelies. Keesokan harinya, Minke mengaku kepada Martinet bahwa Minke bukanlah orang pertama yang menyetubuhi Annelies karena sebelumnya Robert pernah memperkosa Annelies. Lalu bagaimana kelanjutan cinta keduanya?

Jadwal Acara Trans TV Hari Ini, Kamis 17 Agustus 2023
Simak aksinya di Bioskop Trans TV yang bakal tayang Kamis (17/8/2023) pukul 21.00 WIB, hanya di Trans TV.

05:00 Islam Itu Indah
06:30 Insert Pagi
07:30 CNN Indonesia Good Morning
08:30 Pagi-pagi Ambyar
09:45 HUT RI KE-78 Terus Melaju untuk Indonesia Maju
10:45 Insert
12:30 Brownis (Obrolan Manis)
14:00 Rumpi (NO SECRET)
15:00 Insert Today
16:00 CNN Indonesia News Update
16:30 Dream Box Indonesia
17:30 Bikin Laper
18:30 Insert Story
19:30 Dunia Punya Cerita
20:15 Tanpa Batas
21:00 Bioskop Trans TV Spesial Kemerdekaan: Bumi Manusia
23:00 Bioskop Trans TV: USS Indianapolis: Men of Courage
01:00 Sinema Dinihari
03.00 CNN Connected

Bioskop Spesial Kemerdekaan malam ini, Rabu (16/8), akan menayangkan Bumi Manusia (2019) pada pukul 21.00 WIB.

Trans TV akan menayangkan Bioskop Spesial Kemerdekaan malam ini, Rabu (16/8), akan menayangkan Bumi Manusia (2019) pada pukul 21.00 WIB. Bumi Manusia dibintangi Iqbaal Ramadhan dan Mawar de Jongh.
Bumi Manusia yang berlatar di Surabaya pada masa pendudukan Hindia Belanda 1898 dan diangkat berdasarkan novel legendaris bertajuk sama karya Pramoedya Ananta Toer.

Berikut sinopsis film Bumi Manusia di Bioskop Trans TV.
Bumi Manusia mengisahkan Minke (Iqbaal Ramadhan), seorang pribumi yang pandai dan sangat piawai menulis. Ia mengenyam pendidikan di Hogere Burger School (HBS), sekolah bagi anak bangsawan dan keturunan Eropa.

Minke menjadi satu dari segelintir pribumi yang belajar di sekolah itu karena pandai menulis dan mempunyai otak yang brilian. Pada suatu hari di Surabaya, Minke diajak Robert Suurhof (Jerome Kurnia) mengunjungi keluarga Mellema di Wonokromo.

Kedatangan Minke itu disambut kecurigaan oleh Robert Mellema (Giorgino Abraham). Namun sebaliknya, Minke justru mendapat sambutan hangat dari adik Robert yang bernama Annelies Mellema (Mawar de Jongh) serta ibu mereka, Nyai Ontosoroh (Sha Ine Febriyanti).

Pertemuan itu terus berlanjut, sehingga Minke menjadi semakin dekat dengan Annelies dan Nyai Ontosoroh. Di sisi lain, Minke juga aktif menulis dan menjadi semakin kritis setelah banyak mendengar cerita-cerita di sekitar dirinya.

Ia bahkan pernah menulis artikel bernada pergerakan di surat kabar lokal Surabaya dengan nama samaran Max Tollenaar. Tulisan itu terinspirasi dari cerita kehidupan Annelies dan alasan ibunya berganti nama dari Sanikem menjadi Ontosoroh.

Namun tak lama dari itu, Minke tiba-tiba ditangkap polisi karena tulisan yang dimuat beberapa hari sebelumnya. Ia memilih pulang untuk kembali bersama sang ayah, tetapi justru dimarahi habis-habisan.

 

Tinggalkan komentar