Dassault Rafale

Dassault Rafale Mengenal Pesawat Tempur Dassault Rafale Halaman all - Kompas.com

Dassault Rafale adalah pesawat tempur serbaguna generasi keempat dan setengah yang dikembangkan oleh perusahaan penerbangan Prancis, Dassault Aviation. Pesawat ini dirancang untuk menggantikan berbagai jenis pesawat tempur yang beroperasi dalam Angkatan Udara Prancis dan Angkatan Laut Prancis.

Berikut adalah beberapa fitur dan kemampuan utama dari pesawat Dassault Rafale:

  1. Desain dan Dimensi: Rafale memiliki desain aerodinamis dengan badan pesawat yang kompak. Pesawat ini memiliki panjang sekitar 15,3 meter (50,2 kaki) dan lebar sayap sekitar 10,9 meter (35,8 kaki). Deplasemennya mencapai sekitar 10.000 kilogram hingga 24.500 kilogram tergantung pada konfigurasi misi.
  2. Kemampuan Manuver: Pesawat Rafale memiliki kemampuan manuver yang sangat baik, termasuk kemampuan penerbangan supersonik dan supercruise (penerbangan supersonik tanpa menggunakan afterburner). Pesawat ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga Mach 1,8 (sekitar 2.220 kilometer per jam).
  3. Avionik dan Elektronik: Rafale dilengkapi dengan sistem avionik canggih yang mencakup radar AESA (Active Electronically Scanned Array) yang disebut RBE2-AA dan sistem navigasi inersia laser ringan. Pesawat ini juga dilengkapi dengan suite elektronik yang canggih, termasuk sistem pertahanan elektronik, sistem pemantauan dan pengawasan elektromagnetik, serta sistem identifikasi teman atau musuh.
  4. Senjata dan Persenjataan: Rafale memiliki kemampuan tempur yang kuat dengan kemampuan membawa berbagai senjata. Pesawat ini dilengkapi dengan meriam internal 30 mm dan dapat membawa rudal udara-ke-udara seperti misil MICA dan Meteor, serta rudal udara-ke-darat seperti misil SCALP dan AM39 Exocet. Rafale juga dapat membawa bom-bom jatuh bebas dan peralatan presisi lainnya.
  5. Kemampuan Multi-Misi: Rafale dirancang sebagai pesawat tempur serbaguna dan dapat digunakan untuk berbagai misi, termasuk pertempuran udara-udara, serangan udara-ke-darat, pengintaian, dan pertahanan udara. Pesawat ini dilengkapi dengan tangki bahan bakar tambahan yang memungkinkan jangkauan yang lebih jauh dan dapat dioperasikan dari kapal induk.
  6. Teknologi Siluman: Rafale menggunakan teknologi yang mengurangi jejak radar dan inframerah, dengan penggunaan bahan komposit dan desain yang mengurangi tanda tangan radar dan termalnya.

Dassault Rafale adalah pesawat tempur yang sangat serbaguna dan canggih dengan kemampuan tempur yang kuat. Pesawat ini telah digunakan oleh Angkatan Udara Prancis dan Angkatan Laut Prancis, serta beberapa negara lainnya sebagai pesawat tempur andalan mereka.

Tinggalkan komentar